A L Q O Y Y I M

Loading

Rubrik ini di asuh oleh Galih Yusstanto,S.Kep.Ns

Sudahkah kamu mengenal penyakit osteoarthritis? Penyakit ini tidak kalah ganasnya dengan osteoporosis. Bedanya, jika osteoporosis menyerang kepadatan tulang, osteoarthritis menyerang bagian persendian.

A.  Apakah Osteoarthritis / peradangan sendi itu ?

Osteoartritis (OA) atau peradangan sendi adalah salah satu jenis artritis yang paling sering dialami oleh sebagian orang. Penyakit ini merupakan penyakit sendi degeneratif yang mempengaruhi tulang rawan persendian. OA terjadi akibat rusaknya kartilago/tulang rawan yang melindungi dan memberi bantalan bagi sendi.

Hal ini menyebabkan tulang cenderung bersentuhan satu sama lain sehingga bergesekan saat bergerak yang menyebabkan timbulnya rasa sakit dan kaku. Kerusakan ini membuat OA menjadi salah satu dari sepuluh penyakit paling sering dialami di dunia yang mengakibatkan kecacatan. Berdasarkan penelitian, kebanyakan orang yang menderita penyakit ini memiliki keterbatasan dalam gerakan sedangkan sisanya tidak mampu melakukan aktifitas harian mereka.

B. Apakah Tanda dan Gejala Osteoarthritis ?

Gejala osteoarthritis umumnya berkembang secara perlahan-lahan dan semakin parah seiring waktu. Tingkat keparahan gejala penyakit ini bisa berbeda-beda pada tiap penderita serta lokasi sendi yang diserang. Rasa sakit dan kaku pada sendi merupakan gejala utama osteoarthritis. Gejala ini bahkan bisa membuat penderita kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa sakit atau nyeri pada sendi biasanya akan muncul ketika sendi digerakkan dan sensasi kaku akan terasa setelah sendi tidak digerakkan untuk beberapa waktu, misalnya saat bangun pagi.

Beberapa gejala lain yang mungkin menyertai adalah:

  1. Kelenturan sendi yang menurun.
  2. Sendi yang mudah nyeri.
  3. Lemas otot dan massa otot yang berkurang.

Leave a Comment