A L Q O Y Y I M

Loading

Pembinaan Anak Yatim dibawah asuhan Yayasan Al Qoyyim pada hari Ahad, 24 Februari 2019 di Masjid Al Mukmin, Gajihan, Kelurahan Banmati, Sukoharjo. Materi pembinaan di sampaikan oleh Ust. Agus Tursilo Wiseso. Terima kasih kepada Takmir Masjid Al Mukmin dan seluruh donatur yang mendukung terselenggaranya program rutin ini.

Secara psykologis, orang dewasa sekalipun apabila ditinggal ayah atau ibu kandungnya pastilah merasa tergoncang jiwanya, dia akan sedih karena kehilangan orang yang sangat dekat dalam hidupnya, yang selama ini menyayanginya, memperhatikannya, menghibur dan menasehatinya. Coba kita bayangkan kalau itu menimpa anak-anak yang masih kecil, anak yang belum baligh, belum banyak mengerti tentang hidup dan kehidupan, bahkan belum mengerti baik dan buruk suatu perbuatan, tapi ditinggal pergi oleh Bapak atau Ibunya untuk selama-lamanya.

Didalam ajaran Islam, anak yatim mendapat perhatian khusus melebihi anak-anak yang masih memiliki kedua orang tua. Islam memerintahkan kaum muslimin untuk senantiasa memperhatikan nasib mereka, berbuat baik kepada mereka, mengurus dan mengasuh mereka sampai dewasa.  Islam juga memberi nilai yang sangat istimewa bagi orang-orang yang benar-benar menjalankan perintah ini.

Dalam surat Al-Ma’un misalnya, Allah SWT berfirman:

أَرَءَيۡتَ ٱلَّذِي يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ , فَذَٰلِكَ ٱلَّذِي يَدُعُّ ٱلۡيَتِيمَ ,  وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلۡمِسۡكِينِ

“Tahukah kamu orang yang mendustakan Agama, itulah orang yang menghardik anak  yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan kepada orang miskin ”
RasululLah mengatakan : Aku dan pengasuh anak yatim berada di Surga seperti ini, Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah-nya dan beliau sedikit  merenggangkan kedua jarinya

Islam memberikan kedudukan yang tinggi kepada anak yatim dengan memerintahkan kaum muslimin untuk berbuat baik dan memuliakan mereka. . Kemudian memberi balasan pahala yang besar bagi yang benar-benar menjalankannya, disamping mengancam orang-orang yang tidak peduli akan nasib mereka apalagi semena-mena terhadap harta mereka. Ajaran ini hanya ada didalam Islam. Bukan hanya slogan dan isapan jempol belaka, tapi dipraktekkan oleh para Sahabat Nabi dan kaum muslimin sampai saat ini. Bahkan pada jaman Nabi saw dan para Sahabatnya, anak-anak yatim diperlakukan sangat istimewa, kepentingan mereka diutamakan dari pada kepentingan pribadi atau keluarga sendiri.

Betapa agungnya ajaran Islam, ajaran yang universal ini menempatkan anak yatim dalam posisi yang sangat tinggi, Islam mengajarkan untuk menyayangi mereka dan  melarang melakukan tindakan-tindakan yang dapat menyinggung perasaan mereka.

Pada sebagian dari harta kita ada hak mereka, mari kita sisihkan untuk membersihkan harta kita dan membantu mereka

JazzakumulLahu khair.

 

[siteorigin_widget class=”orion_empty_space_w”][/siteorigin_widget]
[siteorigin_widget class=”orion_empty_space_w”][/siteorigin_widget]

Yayasan Al Qoyyim
Mojotegalan, 2/1 Joho, Sukoharjo

Call Centre : 0813 9383 5751

Transfer Rek. BSM 22 888 3333 8 an. Yayasan ALQOYYIM
Konfirmasi transfer 0819 0576 8054

.

Sisihkan harta bantu sesama. Senyum mereka bahagia kita.

Leave a Comment