A L Q O Y Y I M

Loading

Assalamu’alaikum back to @yayasanalqoyyim.
Halo, siapa yg udah mulai rutin sholat tahajjud nih? Atau masih ada yg susah banget utk bangun? Emang ya, tahajjud di waktu utama (sepertiga mlm terakhir), yaitu jam 2-4 dini hari butuh keseriusan😁.
.
Nah, tips2nya nih.. Siapa tau berhasil..
.
1. Niatlah yg kuat & ikhlas, serta hindari sugesti negatif
Nah pertama niatin ya, biar termotivasi di awal. Trs juga jgn bayangin takut ke kamar mandi, takut gelap, dll, hihi. Jgn juga sugestiin klo tahajjud itu susah bgt. Supaya kita bnr2 bisa bangun & Allah bantuin kita.
.
2. Efisienkanlah aktivitas seharian
Kita hindari yuk hal2 yg kurang penting dr pagi sampe sore hari, biar tubuh gak terlalu capek. Istirahat yg berkualitas di tengah kerja/belajar juga penting loh, jd mlmnya tetap fit meski bangun lebih awal.
.
3. Hindarilah makan berat lewat dari jam 8 malam
Yuk hindari makan berat apa lg kekenyangan klo udah lewat jam 8, krna kondisi tsb bikin badan kita terasa mls gerak (mager)..
.
4. Minumlah air mineral yang cukup
Asupan oksigen dlm air akan membantu otak kita untuk rileks & aktif, jd yuk kita coba minum segelas air sebelum & saat bangun tidur.
.
5. Tidurlah di bawah jam 10 mlm
Jgn begadang kalau emang ga ada hal penting yg harus dikerjain ya guys, apa lg utk medsosan, ngegames & nonton film, bisa2 bablas tahajjudnya..
.
6. Lakukanlah adab tidur ala Rasulullah
Tetap jalani kebiasaan bersihin kasur dulu, berwudhu, baca dzikir, berdoa, & tidur hadap kanan ya. Supaya tidur kita nyaman, sehat, & berkualitas.
.
7. Pasanglah alarm atau minta tolong orang rumah
Ini juga nih biasanya alarm bunyi, kita bangun tp utk matiin alarm, hehe. Hayo jujur. Pasang alarm yg gak terlalu berisik tp gak terlalu pelan ya, biar sesuai sm pendengaran kita. Atau sepakat sm org2 d rmh saling support bangunin tahajjud klo alarm bunyi, biar semangat klo bareng2.
.
8. Kurangilah maksiat
Hikss, hiks, sedih ya klo inget “bisa jd maksiat2 kita itulah yg menghalangi kita buat bangun tahajjud & lebih milih melewati mlm yg panjang utk tidur.” Bismillah semangat kurangi maksiat, dekati Allah.
.
Nah abis tahajjud, usahakan jgn tidur lg guys, manfaatin buat tilawah Al Qur’an

Leave a Comment