[ADAB MAKAN DAN MINUM]
.
.
Assalamu’alaykum.. sahabat @YayasanAlQoyyim hari ini kita akan membahas tentang adab-adab makan.  Pasti pada suka makan kan? Siapa hayo yang gak suka makan? Hahaha makan itu kebutuhan ya sahabat. Tapi islam mengatur sedemikian rupa aktivitas kita semua dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Salah satunya adalah makan. Emang gimana sih adab makan dan minum yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu’alaihi Wassalam? Penasaran? Yuk kita simak pembahasan ini
.
1. Halal..
Allah Ta’ala memberikan perintah kepada kita semua untuk memakan makanan yang halal dan baik, makanan yang halal dan baik bertujuan untuk menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani kita. Allah SWT berfirman “Wahai Manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat dibumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 169). Dari ayat ini sudah jelas kalau kita harus memakan makanan yang halal. Makanan halal sendiri adalah makanan yang diperoleh dengan cara yang benar contohnya bukan dengan mencuri. Nah sahabat kalau makanan tersebut gak halal bisa jadi mendatangkan mudharat untuk kita naudzubillah!
.
2. Memuji & tidak mencela..
Kenikmatan yang kita peroleh dari Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah luar biasa. Kewajiban kita sebagai muslim adalah harus banyak-banyak mensyukuri nikmat dari Allah.
Rasul sebagai teladan pun tidak bisa pernah mencela makanan apalagi makanan yang baik dan halal.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mencela makanan sama sekali. (HR Bukhari dan Muslim). Sahabat #YayasanAlQoyyim kita tidak boleh mencela makanan, kalau memang tidak suka atau tidak enak, lebih baik kita hindari saja daripada harus mencela ya!
.
3. Berdo’a sebelum dan sesudah makan..
Ini sudah jelas ya sahabat. Berdo’a sebelum makan berarti kita telah melakukan makan sebagai suatu ibadah.
“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)
.
4. Menggunakan tangan kanan..
Kenapa sih makan itu harus menggunakan tangan kanan? Karena hal ini dicontohkan juga oleh Rasul, dan karena tangan kiri terbiasa dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan kotor seperti di toilet dan lainnya
.
5. Sambil duduk..
Nah selain ini sebagai contoh Rasul, juga sebagai adab. Pasti waktu kecil kita diajarkan untuk makan sambil duduk. Lalu menurut ilmu kesehatan, makan sambil duduk akan membuat kinerja pencernaan lebih ringan. MasyaaAllah ya bahkan aturan makan sambil duduk ini juga didasari oleh ilmu kesehatannya.
.
6. Tidak meniup makanan yang panas..
Ketika ada makanan yang panas atau terlalu dingin, sebaiknya kita menunggu hingga suhunya kembali keadaan normal. Kenapa? Karena gini deh sahabat, kadang kita bisa merasa kalau gigi kita sensitif kan ketika makan yang terlalu dingin dan merasa lidah kita terbakar ketika memakan makanan yang panas. Lalu ketika kita meniup yang keluar adalah CO2 dan itu racun untuk tubuh kita. Selain itu juga Hadis dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :“Apabila kalian minum, janganlah bernafas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan… “(HR. Bukhari). Ini menunjukkan bahwa kita di anjurkan untuk menunggu makanan yang panas agar menjadi hangat dan suhu normal sebelum dimakan.
.
Gimana sahabat #yayasanalqoyyim? Karena sahabat sudah membaca ini yuk kita sama-sama menjaga adab makan kita!

July 2019 – Al Qoyyim
A L Q O Y Y I M

Loading

ADAB MAKAN DAN MINUM

[ADAB MAKAN DAN MINUM] . . Assalamu’alaykum.. sahabat @YayasanAlQoyyim hari ini kita akan membahas tentang adab-adab makan.  Pasti pada suka makan kan? Siapa hayo yang gak suka makan? Hahaha makan itu kebutuhan ya sahabat. Tapi islam mengatur sedemikian rupa aktivitas

Cara Mengajak Teman Berhijrah

Assalamualaikum.. sahabat @YayasanAlQoyyim.. banyak yg ngeluh ke mimin terkait sering ngajak temennya tpi ga sesuai harapan, kadang di tolak, kadang di cuekin, kadang di jauhin bahkan ga di anggap temenan, atau ga bingung cara nagajaknya gmana.. . Begitulah temen2 tantangan

Ummar Bin Khattab

Assalamualaikum sahabat @YayasanAlQoyyim.. Ummar bin khattab adalah sahabat Rasulullah yang termasuk sabahat dulunya eks preman pasar, tukang gulat, tukang jagal orang2 muslim di wilayahnya.. serem deh pokonya.. tpi beliau tuh walopun muka dan tubuh preman tpi hatinya beliau sungguh lembut