A L Q O Y Y I M

Assalamualaikum.. sahabat @YayasanAlQoyyim.. banyak yg ngeluh ke mimin terkait sering ngajak temennya tpi ga sesuai harapan, kadang di tolak, kadang di cuekin, kadang di jauhin bahkan ga di anggap temenan, atau ga bingung cara nagajaknya gmana..
.
Begitulah temen2 tantangan klo ngajak ke kebaikan, karna yang namanya dakwah itu berat dan hadiahnya surga buka seterika.. hehe.. sesuai dgn ayat Al Qur’an dakwah adalah tugas kita sebagai seorang muslim dan hukumnya itu wajib kita berdawak menyebarkan kebaikan dan memberantas kemungkaran..
.
“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah…” (Qs. Ali Imran ayat 110)
.
Nah tentunya dalam dakwah ini ga semudah kita bayangkan.. kali ini mimin punya tipsnya..
.
1. Bertutur kata yang baik.. sering di antara kita maupun diri mimin pribadi, dalam berdakwah ngingetin terkesan menggurui dan sok benar, hati2 ini yaa.. sebisa mungkin kita berkata sesuai dgn orang yg kita nasehatin, klo sesama temen ya kaya sahabat, klo sama adek kaya kakak, klo sama lebih tua kaya adik/murid.. jan merasa paling hebat dan bener pokonya
.
2. Berbaur tapi tidak melebur.. tentu saja ketika kita merasa udh hijrah dan yg lain belum hijrah, maka yaa jangan di jauhin temen2nya.. tetep di jalin silaturahmi, di dekatin tpi ingat jangan sampe terpengaruh buruknya, malah harus sebaliknya kalian yg harus mempengaruhi dengan kebaikan.. dan ajak hijrah bareng2..
.
3. Di mulai dri mengajak yang mudah,, kita kan pasti punya temen dalam kerja, kuliah ato sekolah dalam ngajak kebaikan pun ada triknya,, pertama2 kita ajak yg paling dekat dengan kita misal sahabatnya sendiri.. sahabat kita sebisa mungkin kita ajak segera karna mereka udh ada hubungan kedekatan dgn kita,, ato misal klo bukan sahabat cari yg paling baik akhlaknya ga neko2 dan nakal lah.. baru setelah itu ajak dan deketi yg agak bandel2… ini bukan pilih2 orang ya.. tpi ini cara cepet dalam ngajak kebaikan, klo yg paling mudah kita ajak udh sadar nanti kan mereka membantu kita dalam ngajak kebaikan..

.

4. Dekati degan mententuh hati.. tentu saja yg kita dekati itu orang punya berbagai karakter.. kita harus dekati degn apa yg mereka sukai, misal hobinya, makanan kesukaannya, ato hal2 yg mereka sukai.. jgn sama kan antar orang satu dgn yg lain itu sama.. dan jgn samakan kaya diri kita.. tentu saja semuanya berbeda.. perlu analisis dan kecerdikan dalam mengajak untuk menyentuh hatinya..
.
5. Berbuat baik dalam segala kondisi.. kadang dulunya kita baikkk banget pas mo ngajak hijrah eh dalam realitanya ga sesuai ekspetasi kita malah sebaliknya ga mau di ajak hijrah, terus sikap baik kita hilang ke dia.. wah ini salah tetep harus baik ya baik terus jgn cuma ada butuhnya aja baik.
6. Sabar.. yaps semua yg kita lakukan di point diatas harus dikemas dgn sabar.. karna kebaikan itu bisa konsisiten klo kita mau bersabar dalam kebaikan.. kadang di sakiti yaa sabar ajak terus di dekati.. kadang di yayaya aja tpi ga mau berubah yaa tetep sabar terus di ingatkan.. jangan bosan2 lah ya.. disitulah ujian terberatnya..
.
.
Berdakwah adalah pekerjaan yang sangat mulia, karna jarang orang skrang ngingetin dalam kebaikan itu,, yg ada malah di maki, dikatain sok benar dll.. ya gpp bodo amatin aja.. klo kita ngerasa itu udh baik dan tidak melenceng dri islam.. lanjutkan aja kebaikan kalian.. yg penting niatnya karna Allah dan selalu berdo’a kepadaNya agar selalu di permudah dan di istiqomahkan dalam kebaikan.. aminnn..

Related Post

Leave a Comment