A L Q O Y Y I M

Loading

Assalamualaikum sahabat @YayasanAlQoyyim.. Ummar bin khattab adalah sahabat Rasulullah yang termasuk sabahat dulunya eks preman pasar, tukang gulat, tukang jagal orang2 muslim di wilayahnya.. serem deh pokonya.. tpi beliau tuh walopun muka dan tubuh preman tpi hatinya beliau sungguh lembut dan mengakui kebenaran, tak seperti orang2 preman quraisy pada umumnya yang galak tpi badas tak punya hati..
.
Atas kelembutan hatinya akhirnya islam bisa mudah masuk ketika melihat adek prempuannya yg masuk islam dan membela mati2an di depan umar kala itu, yg akhirnya membuat umar penasaran lalu masuklah umar ke dalam islam.. setelah masuk islam dan banyak berjihad, karir keduniawian dan keahiratannya meningkat pesat.. umar termasuk salah satu 10 sahabat yang di jamin masuk surga, terus khalifah ke2 setelah abu bakar.. pemimpin idaman zaman skrang dan termasuk pengusaha kaya raya juga.. nah apa aja kelebihan umar lainnya? Cek di bawah ini
.
1. Tidak haus jabatan.. setelah wafatnya Rasulullah.. umat islam tuh bingung siapa yg bakalan memimpin umat.. lantas mulai deh musyawarah.. waktu itu banyak kandidat antara abu bakar, umar, ali dll, tpi semua sahabat menolak karna takut mengemban amanah pemimpin, pada saling tunjuk gitu, umar nunjuk abu bakar, dan abu bakar nunjuk yg lain.. hehe.. akhirnya atas musyawarah yg rumit akhirnya abu bakar yg di pilih.. tpi setelah abu bakar akan meninggal terpilihlah umar yg ditunjuk langusng oleh abu bakar untuk menggantikannya..
.
2. Pemimpin yang adil dan zuhud.. Umar bin khattab terkenal dengan sifatnya yang zuhud. Bahkan beberapa mengatakan bawa Umar itu akan menahan lapar selama semua rakyatnya belum kenyang. Umar ini selalu keluar saat malam hari hanya untuk memastikan bahwa seluruh rakyatnya tidak ada yang kekurangan makanan… *luar biasa yaa… coba kalo di Indonesia malah banyakan rakyat yang kelaparan dibandingkan pemimpin yang kelaparan hehe. Umar juga dikenal sebagai pemimpin yang adil, beliau bijak dalam memutuskan permasalahan dan adil saat memutuskan sesuatu problem.

3. Keras di luar tapi lembut di dalam.. Kalo ngomonin ini udah kek ngebayangin makan roti cokelat, garing luarnya tapi dalemnya lebut dengan cokelat yang lumer keluar2 gituh *paan sih wk.
Ummar ini dapat julukannya sebagai ‘Singa Arab’ karena kekuatannya yang tadi. Sejak Ummar memeluk islam, umar jadi salah satu sahabat yang paling ditakuti sama kaun kafir quraisy. Bahkan katanya saking seremnya Umar , setan ajh takut kalo papasan sama Ummar *widiw..
Tapi Ummar ini lembut ke Rasulullah dan sahabat lainnya, pun juga kepada seluruh rakyatnya.
.
4. Cerdas dan jago dalam strategi.. Sama kaya yang tadi mimin udh bilang kalo Umar ini sang ‘Singa Arab’ yang selalu bertaring, beliau ini sudah mahir menggunakan senjata sejak remaja. Badannya yang tinggi besar juga makin mendukung keterampilannya dalam berkelahi. Tapi nggak Cuma jago pukul, Umar juga jago merancang strategi dalam perang.. keren kan ?. selain itu beliau juga cerdas, beliau bisa dengan mudah memecahkan permasalahn yang ada *makanya nggak heran kalo Rasulullah dan sahabat lain menunjuk beliau sebagai dewan penasihat.
.
5. Ekspansi wilayah kekuasan islam.. Umar ini negarawan yang cerdas, saat menjadi khalifah Umar memperluas daerah kekuasaannnya dan membagi beberapa wilayah kekuasaan kala itu, membentuk banyak badan hukum dan banyak lembaga yang membantu beliau untuk mengurus masalah kenegaraan *pinter kan ? zaman dulu ajh sudah bisa merancang sebuah negara dengan sangat rapih dan baik, biar kerja2nya optimal. Maka patut sih Ummar ini dikatakan negarawan yang sangat baik sebab dimulai dari masa beliaulah pengelolaan negara jadi baik .
.
Nah itu sih kisahnya… umar tuh sosok pemimpin yg ideal deh… alim, tegas, lembut, pintar manajemen negara, perfect deh hehe.. semoga pemimpin2 kita mempunyai sifat seperti umar.. aaminn..

Leave a Comment