Kriteria Calon Pemimpin

Sebelum kita menjadi pemimpin bagi orang lain, hendaknya kita memulai dengan cara memimpin diri sendiri. Tapi bagaimana bisa memimpin orang lain sementara memimpin untuk diri sendiri saja nggak mampu. Maka perlu dilatih agar kita mampu menjadi seorang pemimpin. Karena itulah pada kesempatan kali ini akan kami ungkapkan terkait dasar dasar yang mesti dimiliki oleh sosok seorang pemimpin . Adapun dasar dasar kepemimpinan yang perlu kita miliki adalah sebagai berikut :

1.Visioner yakni memiliki pandangan jauh kedepan. Orang lemah mengungkit masa lalu,orang lemah bicara hari ini orang orang kuat bicara tentang masa depan. sebagai contoh kisah Sholahuddin al Ayyubi yang memiliki kegaulan dimasa depan bagaimana cara menaklukan Baitul Maqdis .Begitu pula Muhammad Al Fatih yang galau disaat kecilnya bagaimana bisa menaklukan konstantinopel. Artinya ada sesuatu yang dipikirkan terutama untuk masa depan agamanya.

2.Berkemauan yang kuat, Tak pernah putus asa namun tetap menjaga harapan untuk sebuah kemaslahatan didunia dan akheratnya.Buatnya tidak ada masalah yang besar, yang besar hanyalah Allah Ta’ala. Allahu Akbar…!

3.Memiliki Integritas, Memiliki prestasi dan reputasi yang baik. Pemimpin yang selalu menjaga amanah dan mendapatkan kepercayaan yang kuat dari yang memberikan mandat. Ia selalu konsekuen dengan setiap keputusan yang diambil.

4.Amanah, Bila dikasih pekerjaan selalu dijaga dan dilakukan dengan sebaik baiknya. Nggak ada satu pekerjaan pun yang menjadi tanggung jawabnya disepelekan.Semuanya dilakukan dengan penuh kesungguhan ,tulus dan ikhlas mengharap Ridha Allah taa’la.

5.Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, Banyak hal yang ingin dicoba dan diketahui. Rasulullah Shalalhualaihi wasalam bukankah mendapatkan wahyu pertama iqro yang berarti bacalah. Dengan membaca maka akan mengetahui banyak hal.

6. Pemberani. Rasulullah diMekkah pernah bertemu Rukanah .Rasulullah lantas mengajak duel dengan catatan bila kalah maka Rukanah masuk Islam. Artinya seorang pemimpin harus memiliki mental yang kuat

ke enam hal tersebut diatas adalah sifat sifat dasar untuk menjadi seorang pemimpin. Bukankah setiap diri kita adalah diciptakan sebagai pemimpin? yang nantinya akan dimintai tanggung jawab dengan kepemimpinan kita? Wallahualam

4.